translated to :

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Sabtu, 21 Januari 2012

pembelian alutsista yang bisa dibilang kurang rasional


JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah membeli tank bekas Leopard dari Belanda dinilai tidak rasional dan tidak sesuai kebutuhan. Indonesia lebih membutuhkan persenjataan laut dan udara dibandingkan darat.
Sebagai negara kepulauan, Indonesia lebih butuh persenjataan laut seperti kapal perang atau kapal selam serta persenjataan udara.
-- Wendy Prajuli
Peneliti kajian keamanan di IDSPS Wendy Prajuli mengatakan, ketidakrasionalan itu antara lain bisa dilihat dari pernyataan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro.
Purnomo menyatakan pembelian tank bekas itu antara lain merespon Malaysia yang memesan persenjataan sejenis. "Karena kondisi geografisnya, Malaysia memang membutuhkan (tank) itu. Sebaliknya, bagi negara kepulauan seperti Indonesia, tank tidak punya kemampuan apa-apa untuk mengancam," ujarnya, Selasa (17/1/2012) kepada Kompas.
Indonesia seharusnya meniru Vietnam. Negara itu baru mengumumkan pembuatan kapal perang produksi dalam negeri. "Sebagai negara kepulauan, Indonesia lebih butuh persenjataan laut seperti kapal perang atau kapal selam serta persenjataan udara," ujar Wendy Prajuli.
Wendy memaparkan, ada lima harus diperhatikan saat membeli persenjataan yakni kesesuaian dengan strategi pertahanan negara, mengikuti cetak biru modernisasi persenjataan, sesuai kondisi geografis, jaminan ketersediaan suku cadang.
Terakhir, persenjataan harus dalam kondisi baik dan maksimal. "Saya tidak melihat satupun criteria itu dipenuhi dalam pembelian tank Leopard," ujarnya.

nonton berita di tv yang ber-deadline..

#pembelian tank leopard bekas pemerintahan belanda akan menggantikan tank lama TNI..
dengan pernyataan: "kita perlu meng-upgrade tank kita dengan tank yang baru"..
rasanya ane mau ngakak sekeras-kerasnya ngeliat deadline dan pernyataan itu..

coba kita amati tank leopard yang akan dibeli itu.. apakah pantas peng-upgrade-tan dilakukan dengan pembelian barang bekas!!!

wat apa coba kita meng-upgrade dengan alutsista yang lama juga, walau mudaan dikit tapi kan sama aja dengan kemampuan tank yang ada..

lama2 nih pemerintahan udah kayak panggung artis aja, seneng banget nyari sensasi dan menggembor-gemborkannya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar