translated to :

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Sabtu, 28 Januari 2012

Mintalah Fatwa pada Hatimu

Rasulullah SAW pernah menegaskan, “Istafti qalbak, mintalah fatwa pada hatimu! Kebaikan adalah sesuatu yang menenangkan hati dan keburukan adalah sesuatu yang menggelisahkan hati.”
Hati adalah sumber cahaya batin, inspirasi, kreativitas, dan belas kasih. Seorang Mukmin sejati hatinya hidup, terjaga, dan dilimpahi cahaya.

Buku yang ditulis oleh Al-Hakim At-Tirmidzi (205-320 H) ini mengulas psikologi hati berikut empat lapisannya. Tiap lapisan terhubung dengan salah satu cahaya Allah. Dada (shadr)—lapisan luar—terhubung dengan cahaya Islam, hati (qalb) terhubung dengan cahaya iman, hati lebih dalam (fu’ad) terhubung dengan cahaya makrifat, sementara lubuk hati (lubb) terhubung dengan cahaya tauhid.

“Berbagai cahaya di atas ibarat gunung. Islam adalah gunung yang berada di shadr. Iman adalah gunung yang bertempat di hati. Makrifat adalah gunung yang terletak di fu’ad. Dan tauhid adalah gunung yang bersemayam di lubb,” jelas Tirmidzi.

Penulis menegaskan, empat lapisan itu juga berkaitan dengan empat kedudukan hamba—Muslim, Mukmin, ahli makrifat, dan ahli tauhid—dan empat kondisi nafs (jiwa) yang disebutkan dalam Alquran: nafs yang memerintahkan keburukan (ammarah bi al-suu’), nafs yang terilhami (mulhamah), nafs yang suka menyesali diri (lawwaamah), dan nafs yang tenteram (muthmainnah).

Setelah membahas tentang shadr, qalb, fu’ad, lubb, dan cahaya-cahaya hati, penulis kemudian menyajikan rampai perumpamaan kondisi hati. Puluhan perumpamaan tentang kondisi hati dapat menjadi sumber renungan bagi setiap orang yang membacanya.

Buku ini semakin lengkap dengan adanya dua artikel di penghubung buku, yakni “Lebih Dekat dengan Penulis” yang mengupas tentang tulisan dan pengaruh At-Tirmidzi dan “Latihan Membuka Hati” yang ditulis oleh Syekh Ragip Frager, seorang mursyid sufi dan profesor psikologi pada Institute of Transpersonal Psychology, California.

Buku yang relatif tipis ini merupakan panduan yang sangat baik untuk mencerdaskan dada, hati, fu’ad, dan lubb. Karena itu, buku ini sangat perlu dibaca oleh setiap Muslim.  REPUBLIKA.CO.ID


Judul : Biarkan Hatimu Bicara
Penulis : Al-Hakim al-Tirmidzi
Penerbit : Zaman
Cetakan : I, 2011
Halaman : 232

Tidak ada komentar:

Posting Komentar