translated to :

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Rabu, 01 Februari 2012

Rahasia Ilmiah Shalat

Apabila dicermati, terdapat 90 ayat lebih di dalam Alquran yang berhubungan dengan shalat. Bila semua ayat tersebut kita telisik, maka kita akan menemukan kesimpulan bahwa manfaat shalat kembali pada kabaikan diri sendiri.

Sebagian besar ayat-ayat Alquran itu menyatakan bahwa jika ritual ibadah ini dikerjakan dengan baik dan benar sesuai dengan yang dikerjakan oleh Rasulullah SAW, maka shalat akan menjadi penolong, pemberi rahmat dan keberuntungan, mengangkat manusia ke tempat yang terpuji, serta akan mencegah perbuatan keji dan mungkar.

Selama ini, semua keuntungan itu kurang dimengerti dan mungkin tidak terpikirkan oleh umat Islam atau dianggap sebagai rahasia yang tidak mungkin terungkap. Syukurlah, kini makin banyak penelitian ilmiah mengenai gerakan dan manfaat shalat bagi manusia. Ternyata manfaat shalat bagi manusia tak terhingga. Sehingga pada dasarnya manusia itu sangat membutuhkan shalat.

Buku yang ditulis oleh seorang profesor riset ini menyajikan rahasia dan keajaiban shalat secara ilmiah. Pada bagian awal bukunya, penulis mengemukakan bahwa para ilmuwan dan pemikir Muslim dari berbagai bidang ilmu seperti biologi, kesehatan, neurologi, dan kosmologi telah berhasil menyibak sebagian rahasia shalat berdasarkan bukti-bukti empiris dan ilmiah.

“Dengan adanya temuan tersebut, sebenarnya Allah SWT telah mengulurkan tangan-Nya yang tak terlihat untuk memperkokoh iman dan takwa kita kepada-Nya,” kata seorang ilmuwan.

Ia menjelaskan, dari hasil penemuan para ilmuwan itu, manusia akan menyadari betapa banyak manfaat dan kebaikan yang dapat diraih manusia dari berbagai hal yang diperintahkan Allah SWT. “Mengapa kita diperintahkan Allah untuk bangun dan mengerjakan shalat pada waktu Subuh telah terjawab melalui fisiologi dan farmakologi, arah kiblat yang benar bisa dibuktikan melalui astronomi, bacaan takbir bisa dijelaskan melalui kosmologi, gerakan rukuk dan sujud dapat diterangkan oleh neurologi...”

Secara keseluruhan, buku ini dibagi menjadi sembilan bab. Dimulai dengan uraian mengenai untuk apa kita shalat (seperti dikutip di atas), kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai keajaiban shalat (miracles of shalat) dan rahasia wudhu (the secret of wudhu). Bab berikutnya menjelaskan filosofi kiblat, dan terapi gerakan shalat yang meliputi berdiri dan takbir, rukuk, iktidal dan sujud, duduk, dan salam.

Bab selanjutnya memaparkan tentang khusyuk dalam shalat, diikuti dengan penjelasan tentang keagungan Allah dan sebuah ruang tanpa batas. Bab berikutnya mengupas tentang keutamaan shalat berjamaah. Buku ini ditutup dengan uraian mengenai pentingnya memelihara shalat. Seperti ditegaskan oleh Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat 238, yang artinya,"Peliharalah semua shalat(mu) dan (peliharalah) shalat wustha. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyuk.”

Buku ini sangat perlu dibaca oleh kaum Muslimin. Dengan menyelami rahasia ilmiah shalat, diharapkan shalat yang kita kerjakan dapat dimengerti oleh akal sehat. Sehingga berdampak positif terhadap kehidupan jasmani dan rohani, baik di dunia maupun akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar